Penelitian ini membahas peran penting moderasi beragama yang dilihat melalui prospektif pendidikan agama Islam. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif, dengan sumber data kajian kepustakaan. Adapun teknik analisis data adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa moderasi beragama mengacu pada pendekatan seimbang dalam pemahaman dan praktik ajaran agama, dengan tujuan toleransi, harmoni, dan keragaman masyarakat.Pendidikan agama Islam yang moderat mencakup pembelajaran nilai inklusif, penekanan pada nilai universal, dialog antar agama, dan penghargaan terhadap keberagaman untuk mencegah ekstremisme, mengajarkan nilai kemanusiaan, dan membantu pelajar beradaptasi dengan perubahan zaman tanpa mengorbankan prinsip agama dengan pendidik dan lembaga pendidikan yang mempromosikan sikap moderat. Sehingga ajaran agama sebagai sumber kedamaian dan persatuan masyarakat dapat menciptakan pemahaman tentang makna agama yang menghargai perbedaan.. Hal ini dibuktikan studi kasus di Desa kayukebek dengan harmoni beragama dan kerukunan di Indonesia yang dapat menjadi teladan dan inspirasi bagi masyarakat lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023