Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan mengembangkan kurikulum multikultural dalam pendidikan Agama Islam di SMK Sunan Kalijogo Jabung. Pendidikan Agama Islam di Indonesia sering kali dihadapkan pada tantangan dalam menghadirkan pembelajaran yang inklusif, menghormati keberagaman, dan menerapkan nilai-nilai multikultural. Studi kasus ini dilakukan di SMK Sunan Kalijogo Jabung untuk menganalisis implementasi kurikulum yang ada dan mengevaluasi efektivitasnya dalam mencapai tujuan pendidikan multikultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Partisipan penelitian meliputi guru, siswa, dan staf sekolah yang terlibat dalam proses pembelajaran Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang ada masih memiliki beberapa kelemahan dalam mempromosikan multikulturalisme dan pengenalan keberagaman agama. Beberapa tantangan yang dihadapi termasuk kurangnya sumber daya, kurangnya pelatihan bagi guru dalam menerapkan pendekatan multikultural, dan kendala budaya yang menghambat penerapan nilai-nilai multikultural dalam lingkungan sekolah. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini mengusulkan beberapa strategi pengembangan kurikulum multikultural dalam pendidikan Agama Islam di SMK Sunan Kalijogo Jabung. Strategi-strategi ini mencakup integrasi konten multikultural yang lebih kuat dalam kurikulum, pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menghadirkan pembelajaran yang inklusif, serta pendekatan partisipatif untuk melibatkan siswa dalam merancang kurikulum yang mencerminkan nilai-nilai multikultural.
Copyrights © 2023