Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 2 (2023): Journal on Teacher Education

Pengembangan E-Modul Interaktif Praktikum Kimia Ramah Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia Siswa

Sudir Umar (Universitas Khairun)
Nur Jannah Baturante (Universitas Khairun)
Nurul Aulia Rahman (Universitas Khairun)
Dewi Satria Ahmar (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2023

Abstract

Kegiatan praktikum merupakan bagian penting dalam pembelajaran kimia guna memberi pemahaman yang konkrik dan pembuktian teori yang dipelajari. Di Maluku Utara, tidak semua sekolah memiliki fasislitas laboratorium. Selain itu, keterbatasan alat dan bahan di laboratorium, dan kurangnya kemampuan guru dalam merancang kegiatan seringkali menjadi kendala untuk melaksanakan praktikum. Olehnya itu sebagai solusi akan permasalahn tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-modul praktikum kimia interaktif yang valid, praktis, dan efektif dimana kegiatan praktikum dalam e-modul tersebut menggunakan alat dan bahan ramah lingkungan, yang dengan mudah dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah R&D dan mengikuti pola yang dikembangkan oleh Ploom yang terdiri dari 5 tahap yaitu : 1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) evalusai dan revisi, (5) implementasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul interaktif praktikum kimia ramah lingkungan yang dikembangkan berada pada kategori valid, sehingga layak untuk dilakukan uji efektifitas dan disebarluaskan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...