Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 2 (2023): Journal on Teacher Education

Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Hasil Belajar Matematika

Haifah Fitri Firdausi (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)
Muh. Aris Izzudin (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)
Muhammad Assegaf Baalwi (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh pendekatan PMRI pada hasil belajar materi skala, siswa kelas V SDN Banjarkemantren II. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data adalah test. Berdasarkan hasil pengujian statistik menggunakan SPSS, nilai uji normalitas hasil belajar untuk pretest yaitu  yang bermakna data berdistribusi normal. Sedangkan nilai uji normalitas hasil belajar untuk posttest yaitu  yang bermakna data berdistribusi tidak normal, sehingga uji hipotesis menggunakan uji non parametrik yakni uji Wilcoxon. Berdasarkan uji Wilcoxon diperoleh nilai yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga bisa diputuskan jika ada pengaruh pendekatan PMRI terhadap hasil belajar matematika materi skala pada siswa kelas V SDN Banjarkemantren II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...