Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 2 (2023): Journal on Teacher Education

Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknik Radiografi yang Memiliki IPK Terendah

Nabel Frilia Zivana (Universitas Awal Bros)
R. Sri Ayu Indrapuri (Universitas Awal Bros)
Aulia Annisa (Universitas Awal Bros)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan belajar apa yang dialami mahasiswa radiologi yang memiliki IPK terendah pada mata kuliah Teknik Radiografi I di Universitas Awal Bros. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, populasi penelitian ini adalah mahasiswa  radiologi  semester  1 yang memiliki  IPK  terendah  di  Universitas  Awal  Bros. Berdasarkan  hasil  analisis penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar pada mahasiswa radiologi yaitu intelegensi question (IQ). Dan faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar pada mahasiswa radiologi yaitu lingkungan. Intelegensi question adalah faktor yang berasal dari luar diri individu yaitu kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berfikir, menalar dan memecahkan masalah. Sedangkan lingkungan adalah faktor yang berasal dari dalam diri individu yang meliputi lingkungan tetangga, teman bergaul, dan aktivitas dalam masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa radiologi yang memiliki IPK terendah mengalami faktor intelegensi question dan faktor lingkungan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...