Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 2 (2023): Journal on Teacher Education

Sasak Heritage: Projek Paradigma Baru Kurikulum Merdeka untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar

Ketut Sri Kusuma Wardani (Universitas Mataram)
I Wayan Suastra (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ananta Wikrama Tungga Atmaja (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis sasak heritage dalam paradigma baru kurikulum  merdeka  dalam mewujudkan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Metode penulisan dengan literature review (kajian pustaka). Telaah pustaka dilakukan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka sebagai sumber ide untuk menggali gagasan baru sehingga kerangka teori baru dapat dikembangkan sebagai dasar pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sasak heritage yang dapat dijadikan projek paradigma baru yaitu ragam budaya sasak diantaranya rumah adat, pakaian adat, tarian adat, alat musik tradisional, dan tradisinya. Sasak Heritage sebagai strategi yang dapat mewujudkan Paradigma baru dalam dimensi berkebhinekaan global menuju profil pelajar pancasila.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...