Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 3 (2024): Journal on Teacher Education

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Pendekatan Pedagogi Genre pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gelumbang

Laila Purnamasari (Universitas PGRI Palembang)
Missriani Missriani (Universitas PGRI Palembang)
Sri Wahyu Indrawati (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gelumbang melalui pendekatan pedagogi genre. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II, dengan 87,09% siswa mencapai tingkat ketuntasan belajar pada siklus II, meningkat dari 67,74% pada siklus I. Temuan ini menggarisbawahi efektivitas pendekatan pedagogi genre dalam pengembangan keterampilan menulis teks deskripsi siswa. Implikasinya, pendekatan ini dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif bagi pendidik dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...