Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 3 (2024): Journal on Teacher Education

Penggunaan E-LKPD menggunakan Website Wizer.me pada Pembelajaran IPA terhadap Literasi Sains Siswa SMP

Fani Fatika Marcelinda (Universitas Lambung Mangkurat)
Ellyna Hafizah (Universitas Lambung Mangkurat)
Mella Mutika Sari (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas penggunaan E-LKPD menggunakan website Wizer.me pada pembelajaran IPA terhadap literasi sains siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menurut model ADDIE: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data yang diperoleh berupa hasil survei validasi produk, respon siswa, dan tes literasi sains. Hasil penelitian ini adalah media E-LKPD yang valid, praktis, dan efektif terhadap literasi sains. Hasil evaluasi media dari validator memperoleh 89,7% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan respon siswa, kepraktisan mencapai 72% dalam kategori praktis. Adapun nilai efektivitas diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,6 dan tingkat ketuntasan 94% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut E-LKPD yang dikembangkan tergolong kriteria valid, praktis, dan efektif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...