Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 4 (2024): Journal on Teacher Education

Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi melalui Penerapan Teknik Akrostik pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Palembang

Kirana, ST. Fianda (Unknown)
Salsabila, Salsabila (Unknown)
Hetilaniar, Hetilaniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi melalui penerapan teknik akrostik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Palembang.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, ke observasi, dan refleksi. Hasil tes menulis yang dicapai pada tindakan siklus 1 didapat nilai rata-rata 43,1. Siswa yang tuntas dalam pembelajaran berdasarkan KKM (> 70) sebanyak 8 orang atau sebesar 25,8%, dan siswa yang belum tuntas sebanyak 23 orang siswa atau sebesar 74,2%. Sedangkan pada tindakan siklus 2 mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 81,3. Siswa yang tuntas sebanyak 29 orang siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 93,5% atau meningkat sebesar 67,7%, secara klasikal siswa dinyatakan tuntas dan terjadi peningkatan. Artinya teknik akrostik dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 8 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...