Metakognisi : Jurnal Kajian Pendidikan
Vol 6 No 2 (2024): Metakognisi

HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI DENGAN KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI DI SMA AL AMANAH CIWIDEY

Yusuf, Jati Baharudin (Unknown)
Rohendi, Aep (Unknown)
Karisman, Vicky Ahmad (Unknown)
Supriadi, Idris (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang arah dan kekuatan hubungan antara variabel kompetensi pedagogik, motivasi kerja, dan kinerja guru pendidikan jasmani di SMA Al Amanah Ciwidey. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh sumber daya manusia di SMA Al Amanah Ciwidey yang berjumlah 66 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu mengambil semua anggota populasi sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis koefisien korelasi dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik, dan kompetensi pedagogik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, sedangkan motivasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap kinerja guru. Analisis regresi linier menunjukkan bahwa kombinasi variabel kompetensi pedagogik dan motivasi memberikan kontribusi signifikan terhadap variabilitas kinerja guru. Kesimpulannya, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dan motivasi secara bersama-sama dengan kinerja guru pendidikan jasmani di SMA Al Amanah Ciwidey, meskipun variabel kompetensi pedagogik memiliki pengaruh yang lebih kuat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

metakognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Metacognition is a journal of educational studies that contain writing the results of thought analysis, conceptual studies and research in the field of ...