Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang arah dan kekuatan hubungan antara variabel kompetensi pedagogik, motivasi kerja, dan kinerja guru pendidikan jasmani di SMA Al Amanah Ciwidey. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh sumber daya manusia di SMA Al Amanah Ciwidey yang berjumlah 66 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu mengambil semua anggota populasi sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis koefisien korelasi dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik, dan kompetensi pedagogik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, sedangkan motivasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap kinerja guru. Analisis regresi linier menunjukkan bahwa kombinasi variabel kompetensi pedagogik dan motivasi memberikan kontribusi signifikan terhadap variabilitas kinerja guru. Kesimpulannya, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dan motivasi secara bersama-sama dengan kinerja guru pendidikan jasmani di SMA Al Amanah Ciwidey, meskipun variabel kompetensi pedagogik memiliki pengaruh yang lebih kuat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024