Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan respons peserta didik maupun guru terhadap media coding scratch materi cerita fantasi yang dilatarbelakangi oleh kuranngnya media pembelajaran yang digunakan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Mengacu pada model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu 1) Tahap Analisis (Analyze), 2) Tahap Desain (Design), 4) Tahap Pengembangan (Development), 4) Tahap Implementasi (Implementation), dan 5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Media yang dihasilkan berupa coding scratch materi cerita fantasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Cinangka dengan 31 siswa kelas 7F sebagai subjek penelitian. Untuk menguji kelayakan media, dilakukan validasi dengan ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Berdasarkan hasil analisis validasi media coding scratch yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata sebesar 86. Dan hasil analisis data respon peserta didik juga guru mendapatkan nilai rata-rata 85 dengan kategori “Baik”. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran coding scratch sangat baik digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia materi cerita fantasi.
Copyrights © 2024