Buletin Ilmiah Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2024)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KEGIATAN EKONOMI

Salamah Anisa Amalia, Neng (Unknown)
Mahpudin, Mahpudin (Unknown)
Cahyaningsih, Ujiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kegiatan ekonomi serta proses pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kegiatan ekonomi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Adapun data penelitian yang diperoleh yaitu : Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model PBL pada mata pelajaran IPS kegiatan ekonomi. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistik deskriptif nilai maksimum sebesar 100,00. Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan model PBL dengan model konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Independent Sample T-test di kelas kontrol dan eksperimen diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar ˂ 0,001 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengaruh model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kegiatan ekonomi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji Paired Sample T-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa terdapat pengaruh model PBL yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kegiatan ekonomi di kelas IV SDN Sukasari 1 Tahun Ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Buletin Ilmiah Pendidikan (BIP), with ISSN 2964-5506, is open access and peer-reviewed scholarly journal published Papanda. This Journal is published twice a year. This publication is available online through open access. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and ...