Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Pada Siswa VII SMP NWDI Pancor Kopong

H.A. Gani, Ramlah (Unknown)
Supratmi, Nunung (Unknown)
Wijaya, Herman (Unknown)
Irfan, Moh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak Model Project Based Learning terhadap kemampuan menulis siswa dalam teks narasi di tingkat VII SMP NWDI Pancor Kopong pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 40 orang, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelas VIIA (eksperimen) dengan 20 siswa dan kelas VIIB (kontrol) dengan 20 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Sebelum analisis data dilakukan, uji prasyarat dilakukan menggunakan uji normalitas (chi-kuadrat) dan uji homogenitas (uji-F). Analisis hipotesis dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil menulis teks narasi siswa di kelas eksperimen (76,16) berada dalam kategori tinggi, sedangkan di kelas kontrol (63,7) berada dalam kategori cukup. Uji-t menghasilkan nilai t hitung sebesar 5,398 dengan derajat kebebasan 50 dan taraf signifikansi 0,05. Dengan nilai t tabel sebesar 2,021, maka t hitung (5,398) lebih besar dari t tabel (2,021). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Project Based Learning memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...