Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 4 No. 2 (2024): Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Urgensi Penggunaan Media Dalam Pembelajaran BIPA Level A-1

Ferilia Krisna Awanda, Agatha (Unknown)
Rahardi, R. Kunjana (Unknown)
Widharyanto, B. (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Level A-1. Penelitian kuantitatif ini dilakukan di SMK Bunda Mulia, yang berlokasi di Jalan AM Sangaji No. 20, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Populasi yang menjadi subjek penelitian ini terdiri dari siswa WNA China, siswa WNA Tiongkok, dan para pengajar BIPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, yang disebarkan kepada peserta didik dan pengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran BIPA dapat meningkatkan antusiasme pemelajar. Integrasi media dalam proses belajar mengajar terbukti memberikan pengaruh positif terhadap minat dan motivasi siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pemanfaatan teknologi dan media sebagai alat bantu dalam pengajaran BIPA, yang tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik tetapi juga lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...