Model pembelajaran Project-Based Learning diterapkan dalam pembelajaran bahasa diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Model pembelajaran Project-Based Learning merupakan model pembelajaran berbasis proyek yang menekankan pada aktivitas-aktivitas untuk menghasilkan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Project Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan uji coba sebanyak dua siklus dan berjenis penelitian tindakan kelas. Ujicoba dilaksanakan pada 24 Oktober dan 7 November 2023 dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif berupa persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project-Based Learning di dalam kelas 8E SMP Negeri 1 Wonosari dinilai berhasil, karena menunjukkan hasil yang positif. Hasil yang dimaksud adalah 74,3% keberhasilan peningkatan hasil belajar peserta didik serta 100% keberhasilan peningkatan motivasi belajar peserta didik. Walaupun ada 88,5% peserta didik yang masih mengalami kendala dalam penerapan model pembelajaran project-based learning ini dikarenakan sarana dan prasarana yang tidak memadai, serta sulitnya koordinasi bersama kelompok. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka guru bisa menerapkan model pembelajaran project-based learning agar hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik semakin meningkat. Selain itu juga diperlukan kekonsistenan dari peserta didik agar hasil dan motivasi belajarnya senantiasa meningkat dengan apapun model pembelajarannya.
Copyrights © 2024