ABSTRAK Pengelolaan Lembaga Pendidikan yang baik harus dijalankan dengan prosedur dan manajemen yang baik pula. Manajmemen strategi adalah jawaban dari pesoalan mutu Pendidikan yang harus di implementasikan sebagai model pengembangan dan peningkatan efektifitas proses Pendidikan menuju perbaikan-perbaikan yang dapat meningkatkan kualitas Pendidikan. Manajemen strategi dapat dipahami sebagai usaha manajerial dalam menumbuhkembangkan kekuatan organisasi untuk mengeksploitasi peluang yang muncul guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditentukan oleh suatu lembaga Pendidikan. Bentuk kongkrit dari manajemen strategi adalah rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, kemudian disertai penetapan cara melaksanakannya, dibuat oleh manajemen puncak dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran di dalam suatu Lembaga atau organisasi untuk mencapai tujuan yang di cita-citakan. Manajemen strategi melibatkan identifikasi tujuan dan sasaran pendidikan, analisis situasi, pengembangan strategi yang tepat, alokasi sumber daya yang efektif, dan evaluasi yang berkelanjutan. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam, manajemen strategi membantu lembaga pendidikan Islam dalam merumuskan visi dan misi yang religional dan profesional yang jelas, mengembangkan rencana pendidikan yang berbasis islami serta tindakan yang terukur nilai religi, dan melibatkan semua pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan. Penulisan jurnal ini memakai metode Library Research (Kajian Kepustakaan) dengan memamfaatkan sumber literatur-literatur yanga ada untuk menemukan fakta-fakta yang berkaitan dengan manajemen strategi peningkatan mutu Pendidikan.
Copyrights © 2023