Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 4 No 3 (2024): Vol. 4 No. 3 Edisi Agustus 2024

PROGRAM LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA

Putri , Avriani (Unknown)
Maknun, Lu’luil (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait Program Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Penelitian ini bermula karena rendahnya tingkat minat bacasiswa sehingga menjadi suatu permasalahan yang serius di Indonesia, mengingat kemampuan membaca merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang kehidupan dan menambahpengetahuan setiap individu. Penelitian ini menggunakan metodekualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkanmelalui data terdahulu yang telah ada sebagai pendekatanpenelitian, setelah itu data-data terdahulu yang sesuai terhadaptarget penelitian akan dilakukan interpretasi serta analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi sekolahyang berhasil tentunya dapat meningkatkan minat baca siswa. Kegiatan membaca bersama, diskusi kelompok, dan akses mudah ke berbagai jenis buku yang menarik di perpustakaan terbuktiefektif dalam menumbuhkan kebiasaan membaca di kalangansiswa. Selain itu, dukungan dari orang tua dalam menciptakanlingkungan membaca yang kondusif di rumah juga memainkan peranpenting.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwaprogram literasi di sekolah merupakan suatu kegiatan yangefektif untuk meningkatkan minat baca siswa. Implementasi program yang melibatkan guru, siswa, dan orang tua dapatmenciptakan budaya membaca yang kuat dan berkelanjutan. Kata Kunci: Literasi Sekolah dan Minat Baca

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...