Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika
Vol 7, No 2 (2023): JURNAL KAJIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penalaran analogi mahasiswa: Deskripsi berdasarkan riwayat pendidikan SMK

Sukriyah, Dewi (Unknown)
Nuriyatin, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Penalaran menjadi hal penting yang harus dikuasai dalam pendidikan matematika. Oleh karena itu, siswa dan guru harus menguasai penalaran matematika terutama ketika memecahkan permasalahan matematika seperti yang tertuang dalam permendikbud tahun 2018. Penelitian deskriptif kualitatif yang di awali dengan pemberian angket riwayat pendidikan menengah atas yang telah ditempuh oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran analogi mahasiswa pada saat pembelajaran kalkulus. Subjek di pilih merupakan 1 mahasiswa dari SMK teknik dan 1 mahasiswa dari SMK non teknik. Data di peroleh melalui soal tes dan wawancara, yang di deskripsikan berdasarkan komponen penalaran analogi yaitu encoding, inferring, mapping, applying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dari SMK teknik dan SMK non teknik masing-masing memperlihatkan semua komponen penalaran analogi namun konsep yang digunakan untuk menyelesaikan soal sumber dan soal target kurang tepat.

Copyrights © 2023