Peningkatan minat masyarakat terhadap penghafal Al-Qur'an, terutama pada siswa MA, menandai kebutuhan akan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian ini mencermati penerapan metode halaqah sebagai solusi untuk meningkatkan hafalan Al-Qur'an pada kelas X MA Al-Mukmin Surakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, melibatkan penghimpunan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ialah memahami berbagai metode halaqah di MA Al-Mukmin serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an. Untuk mengatasi masalah hal itu dilibatkan metode pemecahan yang melibatkan peningkatan kualifikasi ustadzah dan memberikan pembinaan insentif bagi santri yang mengalami kesulitan. Hasil penelitian menerangkan bahwa metode halaqah terbukti efektif dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an dan disiplin santriwati. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan ini memiliki potensi menjadi solusi berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil hafalan Al-Qur'an di sekolah-sekolah Islam
Copyrights © 2023