JURNAL TARBIYAH
Vol 30, No 2 (2023)

PENERAPAN METODE HALAQAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRIWATI KELAS X MA AL-MUKMIN SURAKARTA

Addaraini, Annida Nurillah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Inayati, Nurul Latifatul (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Peningkatan minat masyarakat terhadap penghafal Al-Qur'an, terutama pada siswa MA, menandai kebutuhan akan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian ini mencermati penerapan metode halaqah sebagai solusi untuk meningkatkan hafalan Al-Qur'an pada kelas X MA Al-Mukmin Surakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, melibatkan penghimpunan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ialah memahami berbagai metode halaqah di MA Al-Mukmin serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an. Untuk mengatasi masalah hal itu dilibatkan metode pemecahan yang melibatkan peningkatan kualifikasi ustadzah dan memberikan pembinaan insentif bagi santri yang mengalami kesulitan. Hasil penelitian menerangkan bahwa metode halaqah terbukti efektif dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an dan disiplin santriwati. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan ini memiliki potensi menjadi solusi berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil hafalan Al-Qur'an di sekolah-sekolah Islam

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Tarbiyah Journal published by Tarbiyah Science and Teacher Training Faculty, State Islamic University of North Sumatera Medan, Medan City, North Sumatera Province,Indonesia Tarbiyah Journal is published since 1993 for Vol.1, No.1 and have gotten ISSN on May 29, 2007. This journal focuses on ...