Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
Vol 4, No 1 (2024): Februari

STRATEGI EFEKTIF DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK MENCERITAKAN KEMBALI CERITA YANG DIDENGAR

Nurhanifah, Diana (Unknown)
Rachman, Ali (Unknown)
Riandy Agusta, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Permasalahan yang mendasari penelitian ini yaitu kurang optimalnya kemampuan menceritakan kembali cerita yang telah diceritakan guru kepada anak yang disebabkan  oleh penggunaan metode dan model pembelajaran yang monoton dan kurang menarik sehingga kemampuan bahasa anak dalam menceritakan kembali cerita dari guru belum berkembang secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak dan hasil perkembangan kemampuan menceritakan kembali menggunakan model Direct Instruction dan Talking Stick dengan Media Boneka Tangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas dengan 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada Kelompok B PAUD Budi Bakti Kab. Batola, dengan jumlah anak sebesar 7 orang yang terdiri 2 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan ke-3 mencapai indikator keberhasilan dengan kategori Sangat Baik. Aktivitas anak pada pertemuan ke-3 mencapai kategori Sangat Aktif serta hasil perkembangan anak pada pertemuan ke-3 mencapai persentase 100% dengan kategori Berkembang Sangat Baik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jikad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas ...