COPING (Community of Publishing in Nursing)
Vol 11 No 6 (2023): Desember 2023

HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK SD SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Oktaviani, Ni Kadek Yeyen (Unknown)
Puspita, Luh Mira (Unknown)
Devi, Ni Luh Putu Shinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2024

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan dalam berbagai aspek, salah satunya dalam aspek pendidikan. Perubahan sistem pembelajaran mempengaruhi prestasi belajar. Prestasi belajar seorang siswa dapat diketahui dengan adanya evaluasi belajar atau penilaian hasil belajar. Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Keluarga dalam hal ini orang tua merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar. Dukungan orang tua dapat menjadi faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar anak usia Sekolah Dasar selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dari siswa kelas 4 dan 5 di SD Negeri 8 Dauh Puri sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi berjumlah 130 orang. Berdasarkan hasil uji Spearman Rank, didapatkan nilai p=0,000 (p<0,05), yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua terhadap prestasi belajar anak usia Sekolah Dasar selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Hasil nilai r=0,754 menunjukkan bahwa kekuatan hubungan antara variabel dukungan orang tua dan prestasi belajar adalah kuat dengan arah korelasi positif. Artinya semakin tinggi dukungan orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar anak sekolah dasar, sehingga diharapkan orang tua siswa dapat memberikan dukungan berupa motivasi, reward, informasi, dan sarana prasarana yang memadai kepada anaknya sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

coping

Publisher

Subject

Education Health Professions Nursing Public Health

Description

COPING (Community of Publishing in Nursing) adalah E-Jurnal Keperawatan yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal keperawatan ini akan menjadi salah satu wahana pengembangan Evidence Based Nursing dalam pengembangan dan update ...