Demagogi: Journal of Social Sciences, Economics and Education
Vol. 2 No. 4 (2024): August

Menumbuhkan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa di Sekolah

Kusyairi (Unknown)
Fazaraul Farahiyyah Ad (Unknown)
Habibatul Ummah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2024

Abstract

Abstrak. Implikasi dari masalah dalam pembelajaran keterampilan berbicara di sekolah meliputi faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal mencakup kurangnya latihan berbicara di depan umum, lingkungan yang tidak mendukung, dan metode pengajaran yang kurang sesuai. Siswa seringkali tidak diberikan kesempatan yang cukup untuk berlatih berbicara di depan umum, sehingga mereka tidak terbiasa dan merasa tidak percaya diri. Selain itu, lingkungan sekolah yang kurang mendukung, seperti kurangnya fasilitas untuk latihan berbicara atau suasana kelas yang tidak kondusif, dapat menghambat perkembangan keterampilan berbicara siswa. Metode pengajaran yang tidak efektif juga menjadi faktor eksternal yang signifikan. Jika guru hanya menggunakan metode pengajaran yang pasif dan kurang melibatkan siswa dalam aktivitas berbicara, maka keterampilan berbicara siswa tidak akan berkembang dengan baik. Dengan demikian, penting bagi sekolah untuk memberikan perhatian khusus pada pembelajaran keterampilan berbicara, baik melalui pengembangan metode pengajaran yang efektif maupun melalui pembinaan motivasi dan bakat siswa. Guru perlu menerapkan berbagai metode pengajaran yang interaktif dan melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai aktivitas berbicara. Contohnya, penggunaan teknik permainan peran, debat, diskusi kelompok, dan presentasi dapat membantu siswa mengasah keterampilan berbicara mereka. Selain itu, memberikan umpan balik yang konstruktif dan penghargaan atas usaha siswa dapat meningkatkan motivasi mereka untuk terus berlatih dan memperbaiki diri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

i

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of Social Sciences, Economics and Education particularly focuses on the main problems in the development of the Social Sciences, Economics and Education ...