Pendampingan ini dilatar belakangi oleh pentingnya media pembelajaran dalam pengajaran guru dikelas untuk meningkatkan partisipasi siswa-siswi di kelas sekaligus yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan menghidupkan situasi kelas serta memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi professional guru. Kegiatan ini dilaksanakan oleh guru SD Islam Plus YLPI sebanyak 19 orang. Tahapan-tahapan dalam melakukan pendampingan guru SD Islam Plus YLPI meliputi; : 1) Penyajian materi tentang teori media pembelajaran; 2) Demonstrasi tentang langkah-langkah penyusunan dan pengembangan media pembelajaran serta latihan pembuatan media pembelajaran; 3) Evaluasi hasil media pembelajaran. Kegiatan awal dimulai dengan pemaparan materi kepada guru-guru, setelah itu dilanjutkan dengan demonstrasi berupa praktek pembuatan media pembelajaran melalui arahan narasumber. Untuk terus meningkatkan motivasi belajar siswa, maka Guru harus mampu membuat media pembelajaran yang menarik sesuai dengan kebutuhan pada setiap mata pelajaran. Dengan menggunakan papan jurang dan media pecahan sebagai alat atau media yang sesuai dengan instruksi pelatihan, guru mampu menunjukkan peningkatan keterampilan guru. Setelah pelatihan, diadakan evaluasi pembuatan media pembelajaran interaktif, dan pendampingan ke SD untuk melihat bagaimana hasil pelatihan diterapkan. Diharapkan guru semakin kreatif untuk mencapai tujuan peningkatan kompetensi guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024