Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kemampuan penalaran matematis materi pola bilangan pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Kepanjen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Tes, Observasi dan Wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kategori tinggi, mampu memahami permasalahan yang diketahui dan ditanyakan secara lengkap, mengajukan dugaan dan memanipulasi matematika dengan benar, melakukan perencanaan dengan cara mensubtitusikan untuk menyelesaikan masalah, dan mampu memeriksa kembali penyelesaian dengan cara menuliskan kesimpulan dengan tepat. Peserta didik dengan kategori sedang, mampu memahami permasalahan dengan menulis dan menjelaskan apa yang diketahui dan ditanyakan secara lengkap dengan mengajukan dugaan dan mampu mensubtitusikan soal dalam matematika, tetapi hasilnya salah dan tidak lengkap serta tidak bisa memberikan kesimpulan dengan baik dan tepat. Peserta didik dengan kategori rendah, dikatakan kurang bisa menjelaskan apa yang harus dituliskan pada lembar jawaban, namun bisa menyelesaikan jawaban secara lengkap melalui pengajuan dugaan. Selain itu, peserta didik pada kategori ini bisa memberikan cara yang sesuai dengan melakukan subtitusi tetapi jawaban masih salah dan kurang, dan tidak mampu memberikan sebuah hasil yang disimpulkan dengan tepat dan tidak memeriksa kembali hasilnya.
Copyrights © 2023