Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol 22, No 2 (2013)

KONSEPSI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MENURUT MODEL PEMBELAJARAN SOSIAL

Rehalat, Aminah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2016

Abstract

Model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir pembelajaran yang disajikan secara khas oleh guru. Model pembelajaran secara mendasar bukan semata-mata menyangkut kegiatan belajar guru, tetapi justru lebih menitikberatkan kepada aktivitas murid. Hakikat model pembelajaran adalah membantu para pelajar memperoleh informasi, ide, keterampilan, nilai, cara berpikir, sarana untuk mengekspresikan diri, dan cara-cara belajar bagaimana belajar. Dengan demikian, aktivitas belajar mengajar benar-benar merupakan kegiatan yang bertujuan menghasilkan output berkualitas yang tertata secara sistematis. Model pembelajaran sosial (Sosial Family of Models), yaitu model pembelajaran yang menekankan pada usaha mengembangkan kemampuan siswa agar memiliki kecakapan untuk berhubungan dengan orang lain sebagai uasaha membangun sikap, etika, dan tingkah laku siswa yang demokratis dengan cara menghargai setiap perbedaan dalam realitas sosial yang berkembang di dalam kelas. Kata kunci: belajar dan pembelajaran, model pembelajaran sosial.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpis

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) is the leading journal in Social Studies institutions concerning Social studies and education. The journal is multi-disciplinary, welcoming contributions that advance our understanding of education, science ,and technology as social activities. The journal ...