Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA)
Vol 6 No 2 (2023): Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora

Evaluasi Program Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Paket C di Lembaga Pendidikan Nonformal

Hayyi, Abdul (Unknown)
Muslihatun, Muslihatun (Unknown)
Mukhlisin, Lalu (Unknown)
Awal, Rabiul (Unknown)
Hasanuddin, Hasanuddin (Unknown)
Murcahyanto, Hary (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Paket C yang fokus pelaksanaannya di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mumtaz sebagai salah satu penyelenggara pendidikan nonformal di Kecamatan Labuhan Haji. Metode yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, studi dokumentasi, dan pencatatan lapangan. Evaluasi menggunakan model Context, Input, Process, and Product (CIPP) yang meliputi konteks, masukan, proses, dan produk. Hasil evaluasi menunjukkan program berjalan sesuai kebijakan pemerintah dan sesuai standar pelaksanaan, memiliki guru berkualifikasi dan metode pembelajaran efektif. Simpulan penelitian bahwa penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Paket C berjalan efektif dan memiliki potensi positif namun perlu perbaikan meliputi akses sumber daya dan pengelolaan waktu, serta dukungan masyarakat perlu ditingkatkan, hal ini penting dalam mencapai tujuan pendidikan kesetaraan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) agar lebih efektif Kata Kunci: Evaluasi Program, Pendidikan Kesetaraan, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang. Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi bidang ilmu dan praktik pendidikan, ...