Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA)
Vol. 7 No. 1 (2024): Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora

Problematika Siswa dan Upaya Guru dalam Meningkatkan Perilaku Sopan Santun melalui Mata Pelajaran IPS

Wulandari Wulandari (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Asiyah Asiyah (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Sepri Yunarman (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi problematika siswa dan upaya guru dalam meningkatkan perilaku sopan santun melalui Mata Pelajaran IPS di SMP N 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini mengunakan metode penulisan kualitatif yang memanfaatkan paradigma penelitian interpreatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah di lakukan maka dapat di simpulkan bahwa problematika siswa yang di hadapi guru ialah seperti siswa kurang disiplin, tidak bertanggung jawab, tidak toleransi, tidak jujur, tidak bersahabat, sering melawan guru, kurangnya pengetahuan siswa tentang perilaku sopan santun. Sedangkan upaya guru dalam menumbuhkan perilaku sopan santun terhadap siswa ialah memasukan materi tentang perilaku sopan snatun dalam pembelajaran, menerapkan perilaku jujur terhadap siswa, perilaku disiplin, saling menghormati, tolenasi, perilaku bertanggung jawab, bersahabat, serta mengunakan metode pembalajaran dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa, dan sebagai seorang guru harus menjadi tauladan bagi siswa. Simpulan penelitian in bahwa problematika siswa dan guru dalam peningkatan perilaku sopan santun sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci: Guru, Pembelajaran IPS, Problematika Siswa, Sopan Santun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang. Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi bidang ilmu dan praktik pendidikan, ...