Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA)
Vol. 7 No. 1 (2024): Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora

Nomadic Tourism Management: E-Wom, Komponen Daya Tarik 4A (Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary) serta Persepsi Risiko terhadap Minat Berkunjung Digital Nomad

Natasha Dewayani Sugiarto (Institut Pariwisata Trisakti)
Myrza Rahmanita (Institut Pariwisata Trisakti)
Doni Muhardiansyah (Institut Pariwisata Trisakti)
Rahmat Ingkadijaya (Institut Pariwisata Trisakti)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth (e-WOM), komponen daya tarik 4A (Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary) serta persepsi risiko wisatawan mancanegara khususnya kalangan digital nomad, terhadap minat berkunjung mereka ke DKI Jakarta dan Bali sebagai destinasi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada 140 responden yakni wisatawan digital nomad yang belum pernah berkunjung ke Indonesia pada saat pandemi atau pasca pandemi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, e-WOM dan komponen daya tarik 4A (Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung digital nomad. Peran moderasi persespsi risiko memperlemah pengaruh minat berkunjung antara e-WOM dan komponen daya tarik 4A (Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary) terhadap minat berkunjung. Simpulan penelitian bahwa kredibilitas profil pengirim ulasan sangat penting untuk memberikan informasi yang akurat dan sesuai dengan harapan pembaca ulasan, yaitu digital nomad. Kata Kunci: Digital Nomad, Electronic Word of Mouth (e-WOM), Komponen Daya Tarik 4A (Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary), Minat Berkunjung, Pasca Pandemi, Persepsi Risiko.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang. Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi bidang ilmu dan praktik pendidikan, ...