Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 3 (2024): April

PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS 3 DI SD ISLAM AR-RAHMAT MAJALENGKA

Nopa Musyarofah (Unknown)
Tosuerdi (Unknown)
Tuti Alawiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2024

Abstract

Angka masyarakat buta huruf al-Quran di Indonesia mencapai 54%. Keadaan ini menjadi masalah bagi Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Masalah ini disebabkan karena belum ada metode belajar al- Quran yang tepat. Metode Ummi kemudian hadir dengan komitmen menuntaskan masalah buta huruf al-Quran. Materi tajwid dan makharijul huruf menjadi salah satu pokok pembelajaran metode Ummi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data  menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data  menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian memperoleh kesimpulan, penerapan metode Ummi meningkatkan baca siswa dalam aspek tajwid, makhorijul huruf, dan ada faktor pendukung dan penghambat di dalamnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...