Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 3 (2024): April

Strategi Literasi dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Tantangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Era Disrupsi

Al Zahra Nur Afiyatni (Unknown)
Annora Yaspisa Lie (Unknown)
Ichsan Fauzi Rachman (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya mengintegrasikan literasi digital dalam sistem pendidikan di Indonesia, suatu upaya yang belum sepenuhnya tercapai dan yang bisa menghambat kemajuan pendidikan nasional. Melalui metode studi literatur, penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis data dari sumber-sumber ilmiah yang beragam. Temuannya menegaskan bahwa pendidikan literasi digital adalah strategi krusial untuk menguatkan penggunaan teknologi secara lebih efektif. Literasi digital tidak hanya mencakup kemampuan menguasai konten digital, tetapi juga pengembangan kemampuan berpikir kritis, yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan tentang teknologi Informasi dan Komunikasi. Strategi utama literasi digital yang disarankan meliputi pembinaan budaya literasi digital di kalangan siswa, mempersiapkan mereka untuk beradaptasi dengan teknologi baru, dan mempromosikan penggunaan teknologi yang bijak serta bertanggung jawab. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan literasi digital harus menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, yang penting untuk melindungi privasi serta data pribadi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...