Artikel ini mengeksplorasi pemanfaatan YouTube sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan literasi digital mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode literature review untuk menganalisis berbagai sumber terkait keefektifan YouTube sebagai media pembelajaran serta pentingnya literasi digital dalam konteks pendidikan tinggi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa YouTube memiliki dampak signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa, pemahaman materi perkuliahan, dan perolehan keterampilan literasi digital. Salah satu dari banyak keuntungan menggunakan YouTube sebagai media pembelajaran adalah menawarkan akses ke berbagai sumber belajar kapan saja dan di mana saja. Selain itu, YouTube juga mendukung kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam mengevaluasi dan memanfaatkan konten digital. Oleh karena itu, integrasi YouTube ke tingkat pendidikan tinggi dapat memperluas cakupan pembelajaran yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing mahasiswa sekaligus meningkatkan pengalaman belajar mereka. Singkatnya, YouTube adalah alat pembelajaran yang sangat berguna dan relevan bagi mahasiswa di era digital saat ini.
Copyrights © 2024