Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 4 (2024): Juli

MENGGABUNGKAN KEARIFAN BUDAYA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM

Muhamad Fazli (Unknown)
Muhammad Syafiq (Unknown)
Chanifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Pendidikan Islam merupakan tonggak penting dalam membentuk identitas dan moralitas umat Muslim, serta menjaga keberlanjutan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Namun, dalam era globalisasi dan interkonektivitas yang semakin berkembang, tantangan muncul dalam menjaga kesucian dan relevansi pendidikan Islam, terutama ketika berinteraksi dengan beragam budaya dan nilai-nilai sekuler yang mendominasi dunia modern. Dalam konteks ini, kearifan budaya, sebagai warisan budaya yang kaya dan mendalam, menjadi aset yang sangat berharga dalam merumuskan strategi pembelajaran pendidikan Islam yang efektif. Pada penelitian ini, Penulis menggunakan Jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur baik berupa buku, jurnal, catatan maupun laporan hasil penelitian, dan hasil penelitian terdahulu. Penelitian mengenai Menggabungkan Kearifan Budaya Dalam Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam menggunakan metode pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan model Milles dan Huberman yaitu Reduksi Data, Penyajian Data dan Verifikasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Integrasi kearifan budaya dalam pendidikan Islam adalah langkah penting dalam menjaga relevansi, meningkatkan pemahaman, dan mempromosikan nilai-nilai agama dalam masyarakat yang semakin beragam. Integrasi kearifan budaya dalam pembelajaran pendidikan Islam adalah proses yang bertujuan untuk menggabungkan nilai-nilai budaya lokal dengan konsep dan ajaran agama Islam. Pendekatan ini bertujuan untuk membangun pemahaman yang lebih dalam tentang Islam sambil memelihara dan menghormati warisan budaya yang unik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...