Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 4 (2024): Juli

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di MAN 2 Kota Pekanbaru

Suryadi (Unknown)
Adolf Bastian (Unknown)
H. Nurfaisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru MAN 2 Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif yang melakukan penelitian kepada 70 orang responden, yaitu guru MAN 2 Kota Pekanbaru. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Setelah data dikumpulkan, maka dilakukan analisa data dengan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 26. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi 0,045 < 0,05 dan koefisien regresi 0,010, Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi 0,046 < 0,05 dan koefisien regresi 0,691, komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi 0,398, kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan komitmen organisasi berpengaruh simultan terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...