Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (July, 2016)

PENGEMBANGAN LKPD SISTEM TRANSPORTASI MAKHLUK HIDUP MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK

Rachmawati, Eka (Unknown)
widowati, asri (Unknown)
Nurohman, sabar (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kelayakan LKPD ditinjau dari aspek syaratdidaktik, syarat kontruksi, syarat teknis dan kesesuaian dengan Learning Cycle. 2) Adanya peningkatanpemahaman peserta didik dengan Model Pembelajaran Learning Cycle di SMP N 1 Wates dalam bentukLKPD. 3) Respon peserta didik dan pendidik SMP N 1 Wates terhadap kualitas LKPD SistemTransportasi Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan penelitian R D dengan model 4D (Define,Design, Develop, dan Disseminate). Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisiskuantitatif. Analisis kualitatif yaitu berupa uraian saran dan skorĀ  penilaian dari semua validator yangsudah dikonversi menjadi skala 4, sedangkan analisis data secara kuantitatif dengan perhitunganpersentase keterlaksanaan pembelajaran dan ketercapaian peningkatan pemahaman menggunakanstandard gain serta perhitungan ketuntasan nilai evaluasi terhadap KKM sebagai indikator ketercapaianpemahaman peserta didik. Hasil penelitian ini menghasilkan LKPD IPA dalam model pembelajaranLearning Cycle dengan tema Sistem Transportasi Makhluk Hidup memperoleh jumlah skor total 108,5dari skor maksimal 128 termasuk kategori sangat baik (A). LKPD IPA yang dikembangkan mampumenunjukkan peningkatan pemahaman peserta didik dan respon peserta didik dengan sangat baikterhadap kualitas LKPD IPA ini. Kata Kunci: LKPD, Learning Cycle, Sistem Transportasi Makhluk Hidup, Pemahaman Peserta Didik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...