Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara bibliometrik berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran team quiz untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar khususnya pada pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Penelitian ini mengadopsi metode kualitatif berdasarkan hasil tinjauan berbagai literatur, dengan pencarian metadata dari Google Scholar dengan bantuan program Publish or Perish. Pencarian literatur memilih kata kunci dan judul, antara lain kata kunci “Team Quiz”, “Pembelajaran IPA”. Metadata diperoleh dari 57 literatur yang kemudian direduksi melalui analisis meta data dengan bantuan program VOSviewer. Analisis menggunakan VOSviewers dapat membantu memvisualisasikan korelasi keyword antar penelitian terdahulu. Analisis menggunakan VOSviewers menghasilkan 3 visualisasi, yaitu, overlay visualization, network visualization, dan density visualization. Hasil penelitian mengenai model pembelajaran team quiz baru mulai banyak dikaji pada tahun 2022. Pada tahun 2021 penelitian masih membahas mengenai hasil belajar dan prestasi belajar, selanjutnya pada tahun 2022 penelitian membahas mengenai hasil belajar, model pembelajaran, belajar secara aktif (active learning), team quiz, minat belajar, model pembelajaran kooperatif, hingga keaktifan belajar. Kemudian pada tahun 2023 penelitian semakin berkembang yang membahas mengenai penerapan team quiz dalam kegiatan pembelajaran seperti penerapannya dalam pembelajaran matematika, tematik, modul materi pembelajaran, hingga animasi.
Copyrights © 2024