Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program tersebut dalam meningkatkan partisipasi orang tua dan dampaknya terhadap siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuesioner deskriptif dan studi pustaka. Kuesioner diberikan kepada 169 orang tua siswa yang berpartisipasi dalam program BERSATU, dengan latar belakang pekerjaan yang beragam. Selain itu, dan 260 siswa mengisi kuesioner yang berkaitan berhubungan dengan efektivitas program tersebut untuk peserta didik. Program "Belajar Bersama Orang Tua" (BERSATU) di SMA Negeri 8 Pontianak dilaksanakan untuk meningkatkan partisipasi orang tua dalam pembelajaran di sekolah, mengatasi tantangan rendahnya keterlibatan orang tua yang sering kali dihadapi dalam lingkungan pendidikan. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa mayoritas orang tua mendukung program ini, dengan sebagian besar menyatakan sangat setuju atau setuju. Program ini juga berhasil meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa. Sebagian besar orang tua menyatakan bahwa anak mereka menjadi lebih percaya diri dan termotivasi untuk belajar lebih giat dan tekun setelah mengikuti program ini. Namun, terdapat tantangan dalam hal kesediaan orang tua untuk menjadi narasumber, menunjukkan bahwa diperlukan lebih banyak sosialisasi dan fleksibilitas waktu. Secara keseluruhan, program BERSATU di SMA Negeri 8 Pontianak menunjukkan hasil yang positif dalam meningkatkan partisipasi orang tua dan memberikan dampak baik bagi siswa, baik dalam hal motivasi belajar maupun kepercayaan diri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024