Jurnal Kebidanan Indonesia
Vol 15, No 2 (2024): JULI

Peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang ketidaknyamanan dalam kehamilan dengan video edukasi apa nyamil

Eka Widyastuti, Deny (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)
Yessy Maretta, Megayana (Unknown)
Wulandari, Retno (Unknown)
Apriani, Arista (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Latar Belakang: Ketidaknyamanan kehamilan pada Trimester III biasanya muncul akibat proses penyesuaian dari perubahan yang dialami oleh ibu hamil. Ketidaknyamanan yang dapat muncul antara lain pusing, insomnia atau sulit tidur, sering BAK, konstipasi, bengkak, kram pada kaki, varises, wasir, dan nyeri punggung. Pengetahuan pada ibu hamil dibutuhkan sebagai bekal untuk ibu hamil dalam menjalani kehamilannya. Tujuan: Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian video edukasi apa nyamil (Aku Paham Ketidaknyamanan Kehamilan) terhadap tingkat pengetahuan. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental prepost test without control dengan jumlah populasi 30 responden ibu hamil tanpa penyulit kehamilan, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, metode pengambilan data dengan menggunakan alat ukur kuisioner tingkat pengetahuan mengenai ketidaknyamanan kehamilan. Analisa data dilakukan dengan uji wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian didapatkan nilai Asymp.sig. (2-tailed) nilai kolerasi (z score) sebesar -5,324 dengan p value 0,000 (α≤0,05) untuk tingkat pengetahuan, hal ini berarti didapatkan perbedaan yang bermakna antara hasil pre test dengan hasil post test. Kesimpulan: Terdapat Pengaruh Pemberian Video Edukasi Apa Nyamil (Aku Paham Ketidaknyamanan Kehamilan) Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JKebIn

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Jurnal Kebidanan Indonesia ISSN 2579-7824 (online) and ISSN 2086-5562 (Printed) is published twice a year in January and July. Contains writing that is lifted from the results of research and conceptual thinking in the field of midewifery. Publishers receive written contributions that have never ...