JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS IV DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI DAN NUMERASI MENGGUNAKAN PEMODELAN RASCH

Khoerunnisa, Karina (Unknown)
Hamdu, Ghullam (Unknown)
Nuryadin, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan keterampilan abad ke-21 yang mendukung pendidikan sehingga perlu dikuasai oleh peserta didik. Salah satu keterampilan tersebut yakni keterampilan berpikir kritis yang tentu juga berkaitan dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Agar kecakapan tersebut dapat dicapai pengembangan keterampilan literasi dan numerasi menjadi salah satu cara yang dapat digunakan pendidik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa kelas IV di salah satu Sekolah Dasar di Kota Tasikmalaya dalam menyelesaikan soal literasi dan numerasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Data diperoleh melalui tes dengan soal berupa pilihan ganda dan hasil tes dianalisis menggunakan pemodelan RASCH. Dari 20 siswa dibagi menjadi tiga kategori yakni kategori dengan abilitas tinggi, abilitas sedang dan abilitas rendah. Dari hasil analisis ditemukan bahwa terindikasi beberapa siswa memilki abilitas tinggi untuk menyelesaikan semua soal berbentuk pilihan ganda dan sebagian lagi memiliki abilitas sedang dan rendah, hal ini karena tingkat kesulitan soal lebih rendah dibandingkan abilitas siswa. Sedangkan untuk menyelesaikan soal pilihan dengan alasan abilitas siswa lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kesulitan butir soal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...