JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2 DIMENSI PADA PEMBELAJARAN IPAS TOPIK ADA APA SAJA DI BUMI KITA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Kurniawan, Dandi (Unknown)
Asrial (Unknown)
Alirmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi 2 dimensi pada pembelajaran IPAS topik ada apa saja di bumi kita kelas V di sekolah dasar serta untuk mengetahui tingkat kelayakan secara prosedural maupun operasional media pembelajaran animasi 2 dimensi pembelajaran IPAS topik ada apa saja di bumi kita kelas V di sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model pengembangan DDDE (Decide, Design, Develope, Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas akhir yang didapat dari validator ahli materi diperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori sangat valid, validator ahli bahasa diperoleh skor rata-rata 4,9 dengan kategori sangat valid, dan validator ahli media diperoleh skor rata-rata 4,85 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh guru dan peserta didik melalui angket respon guru dan angket respon peserta didik yang diberikan oleh peneliti, perolehan skor rata-rata angket respon guru sebesar 4,8 dengan kategori sangat praktis, selanjutnya uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 4,85 dengan kategori sangat praktis, dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 4,86 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Animasi 2 Dimensi Pada Pembelajaran IPAS Topik Ada Apa Aaja di Bumi Kita Kelas V di Sekolah Dasar secara keseluruhan dapat dipergunakan dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...