Education Enthusiast : Jurnal Pendidikan dan Keguruan
Vol 4, No 1 (2024): Februari

Tanggapan Santri Terhadap Manfaat Olahraga dalam Membentuk Kepribadian (Penelitian pada Pasantren Misbahuddin Kecamatan Kembang Tanjong Kabupaten Pidie)

Fadhillah, M. Arif (Unknown)
Yahya, M. (Unknown)
Muhammad, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai tanggapan santri dalam melakukan kegiatan berolahraga dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala bagi santri pondok pesantren Misbahuddin sehingga kurang termotivasi melakukan kegiatan olahraga. Pengambilan data dilakukan dengan angket (kuesioner), dan sumber data berasal dari individu-individu yang ditemui. Data dari angket dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk motivasi intrinsik, faktor kebutuhan fisiologis memiliki indikator memelihara kesehatan sebesar 89,75% dan indikator kebutuhan sebesar 83,60%. Faktor kebutuhan rasa aman memiliki indikator terhindar dari penyakit sebesar 81,10%. Faktor kebutuhan aktualisasi diri memiliki indikator menyalurkan energi sebesar 80,84% dan indikator untuk latihan sebesar 85,54%. Untuk motivasi ekstrinsik, faktor kebutuhan sosial memiliki indikator berhubungan dengan konsep sebesar 82,52% dan indikator berhubungan dengan orang lain sebesar 77,35%. Kemudian, faktor kebutuhan akan penghargaan memiliki indikator mencapai hasil sebesar 72,27%. Hasil penelitian ini memberikan gambaran mengenai tanggapan santri terhadap manfaat olahraga dalam membentuk kepribadian dan faktor-faktor yang memengaruhi motivasi santri dalam berolahraga.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan (ISSN 2774-9916, eISSN 2745-603X) is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. The journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on ...