Education Enthusiast : Jurnal Pendidikan dan Keguruan
Vol 4, No 1 (2024): Februari

PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PADANG TIJI

Wali, Muhammad (Unknown)
Munira, Widia (Unknown)
Muslem, Muslem (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul pengaruh metode Mind mapping terhadap peningkatan pemahaman belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Tiji. adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan metode Mind mapping terhadap peningkatan pemahaman belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Tiji. dan faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam penerapan metode Mind mapping pada mata pelajaran sejarah terhadap peningkatan pemahaman belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Padang Tiji. pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif Desakriptif, untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik tes, tes dilakukan untuk mengetahui pemahaman belajar sejarah siswa, hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu pemahaman belajar sejarah siswa yang diajarkan dengan metode Mind mapping lebih baik dari pada pemahaman belajar sejarah siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMAN 1 Padang Tiji. metode Mind mapping berpengaruh terhadap pemahaman belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Padang Tiji, berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh harga thitung = 3.047 sedangkan ttabel = 2.100, sehingga Ha dapat diterima, yaitu pengaruh  motode Mind mapping dapat meningkatkan pemahaman belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Padang Tiji. berdasarkan hasil penelitian ada banyak faktor yang menjadi kendala dalam penerapan metode Mind mapping pada mata pelajaran sejarah terhadap peningkatan pemahaman belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Padang Tiji, diantaranya yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap metode Mind mapping, kurangnya pemahaman siswa dalama memahamai materi pembelajaran sejarah, siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar sejarah, sarana dan prasarana penunjang pembelajaran yang kurang memadai, dan alokasi waktu yang pembelajaran yang kurang.Kata kunci : Metode Mind mapping, Pelajaran Sejarah, Pemahaman Belajar Sejarah, SMAN 1 Padang Tiji.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan (ISSN 2774-9916, eISSN 2745-603X) is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. The journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on ...