Pemahaman yang lebih baik tentang perspektif guru terhadap penggunaan video pembelajaran dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat membantu pengembangan strategi pelatihan, pengintegrasian teknologi, dan pengambilan keputusan yang lebih efektif di tingkat sekolah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang respon guru terhadap video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini yang dideskripsikan adalah respon guru terhadap pemanfaatan video pembelajaran dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Objek penelitian ini adalah 3 orang guru di salah satu sekolah dasar di Kota Kendari. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket yang berisi butir-butir pernyataan tentang pemanfaatan video dalam pembelajaran IPA. Pengolahan data angket dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan uraian-uraian yang telah dipaparkan terlihat bahwa guru memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan video pembelajaran pada mata Pelajaran IPA. Secara keseluruhan, video pembelajaran memiliki potensi besar untuk memperkaya pembelajaran IPA dengan menghadirkan eksperimen dan fenomena alam dalam bentuk yang menginspirasi, mengajari, dan menghibur siswa, serta membantu mereka memahami konsep-konsep ilmiah secara lebih baik dan mendalam.
Copyrights © 2024