Media Komunikasi FPIPS
Vol. 23 No. 2 (2024)

Efektivitas Akun TikTok sebagai Media Berita dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Generasi Z: Studi Kasus di UINSU

Sugiarto, Samudra (Unknown)
Bahri, Andini Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2024

Abstract

Perkembangan Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas akun TikTok @Kompas.tv sebagai media berita dalam memenuhi kebutuhan informasi Generasi Z di UINSU. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi. Sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling menjadi sampel penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa akun @Kompas.tv memperoleh skor rata-rata 3,11 pada tujuh indikator yang diukur, yaitu: Kredibilitas, Konteks, Konten, Kejelasan, Kontinuitas dan Konsistensi, Saluran, serta Kapabilitas Audiens. Skor rata-rata ini mengindikasikan bahwa akun TikTok @Kompas.tv berada dalam kategori "efektif" dalam memenuhi kebutuhan informasi Generasi Z di UINSU. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa akun @Kompas.tv berhasil memenuhi harapan Generasi Z dalam hal penyampaian informasi. Implikasinya adalah bahwa media berita dapat memanfaatkan platform TikTok sebagai sarana yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan penyebaran informasi kepada Generasi Z secara lebih luas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MKFIS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Media Komunikasi FPIPS publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, teachers, and academic community research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and study contained in the journal accommodate manuscripts on integrated elementary to high ...