eL.Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar
Vol 8 No 1 (2024): Juni

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI NILAI PPK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 1 SDN PANGGUNG LOR

Rahma, Sukma Maulidia (Unknown)
Mushafanah, Qoriati (Unknown)
Hasanah, Amalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Nilai karakter di dunia pendidikan sekarang ini menjadi permasalahan yang perlu mendapatkan penanganan maupun tindak lanjut sesegera mungkin karena sudah terjadi penurunan sikap saling menghargai dan menghormati antar pihak, menurunnya sikap disipin dan juga memudarnya kejujuran. Oleh karena itu diharapkan bahwa program PPK (Penguatan Pendidikan karakter) di sekolah dasar diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan kelima nilai-nilai PPK pada mata pelajaran Pancasila kelas 1 di SD Negeri Panggung Lor Kota Semarang. Penelitian ini mempergunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan pengambilan simpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bila mana lima nilai pendidikan karakter telah diterapkan di kelas 1 SD Negeri Panggung Lor diantaranya nilai religius, nasionalisme, gotong royong, mandiri, dan integritas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eL-Muhbib

Publisher

Subject

Education

Description

eL-Muhbib merupakan jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar dengan ISSN Print: 2614-1051, Online: 2716-5019, yang diterbitkan setiap dua kali setahun oleh Prodi S1 PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah sejak tahun 2017 sebagai media informasi dan pembahasan seputar ...