Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 1 (2024): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Peran Guru Dalam Melatih Berpikir Kreatif Terhadap Pembelajaran Matematika Kelas III SD Negeri 95 Palembang

Dwi Pitria Ningsih (Unknown)
Magdad Hatim (Unknown)
Nyiayu Fahriza Fuadiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam melatih berpikir kreatif terhadap pembelajaran matematika kelas III SD Negeri 95 Palembang. Penelitan ini meliputi observasi, wawancara, dan angket. Subjeknya adalah adalah guru kelas III, kepala sekolah, ahli, dan siswa kelas III SD Negeri 95 Palembang. Sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat kebutuhan untuk peningkatan peran guru dalam melatih berpikir kreatif terhadap pembelajaran matematika. Guru melibatkan penggunaan metode pembelajaran yang merangsang pemikiran kreatif. hal ini menekankan peran guru sebagai pengajar, inovator, motivator, fasilitator, dan evaluator dalam konteks pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam melatih berpikir kreatif terhadap pembelajaran matematika kelas III SD Negeri 95 Palembang. Penelitan ini meliputi observasi, wawancara, dan angket. Subjeknya adalah adalah guru kelas III, kepala sekolah, ahli, dan siswa kelas III SD Negeri 95 Palembang. Sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat kebutuhan untuk peningkatan peran guru dalam melatih berpikir kreatif terhadap pembelajaran matematika. Guru melibatkan penggunaan metode pembelajaran yang merangsang pemikiran kreatif. hal ini menekankan peran guru sebagai pengajar, inovator, motivator, fasilitator, dan evaluator dalam konteks pembelajaran matematika. Kata Kunci: Inovator; Motivator; Fasilitator; Evaluator.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...