Penelitian ini membahas tentang pengaruh aktivitas belajar siswa menggunakan audio visual terhadap literasi matematika siswa pada materi Teorema Pythagoras siswa SMP IT Asshodiqiyah Semarang. Audio visual dibuat dengan bantuan aplikasi KineMaster yang memuat indikator-indikator yang sesuai dengan standar kompetensi materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat literasi matematika sesudah menggunakan metode audio visual. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan menggunakan Pre Experimental Designs – One Group Pretest Posttest Designs. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik Non Random Sampling, yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP IT Asshodiqiyah. Sedangkan dalam pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner aktivitas belajar siswa, tes berupa pretest-posttest dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa pengaruh aktivitas belajar siswa menggunakan audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap literasi matematika siswa dengan taraf signifikansi 0,001. Setelah dilakukan uji N-Gain ditemukan bahwa peningkatan literasi matematika masuk dalam kategori sedang dengan hasil mean 0,3640. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aktivitas Belajar, Audio Visual, Literasi Matematika, Teorema Pythagoras
Copyrights © 2024