Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo sudah berada pada tahap siap. hal tersebut dapat dilihat berdasarkan tahapan-tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka yang telah terlaksana dengan baik. Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo sudah baik walaupun, masih ada beberapa indikator yang lemah pelaksanaannya, pada indikator Tahapan-tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka telah terlaksana dengan baik sedangkan pada indikator Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka menemui berbagai macam kendala mulai dari peserta didik maupun pendidiknya. Sedangkan pada indikator Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka telah terlaksana dengan baik, maka dari tiga indikator dua indikator telah terlaksana dengan dan satu indikator cukup baik pelaksanaanya. Optimalisasi Kurikulum Merdeka mendapatkan berbagai macam dukungan kepala sekolah maupun Dinas setempat dalam hal ini Kementrian Agama.
Copyrights © 2024