Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan mediabelajar berupa gambar seri. Penerapan media ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didikdalam menulis kembali cerita fiksi pada peserta didik kelas IV di UPT SDN 187 Gresik. Penelitian inidilakukan dalam dua siklus dengan beberapa tahapan, antara lain: tahap perencanaan, tindakan, observasidan refleksi dalam setiap siklus. Setiap siklus peneliti menggunakan pengumpulan data dalam bentuk nontes dan tes. Berdasarkan dari hasil data yang diperoleh, peneliti melakukan analisis terhadap data yangdisajikan dalam bentuk kuantitatif maupun kualitatif.. Pada pelaksanaan pembelajaran ini peserta didikterlihat sangat antusias, karena peserta didik secara berkelompok mendengarkan dan menyimak cerita fiksidalam bentuk video kemudian mendiskusikan gambar seri sesuai dengan urutan cerita. Selanjutnya pesertadidik dapat menggunakan urutan pada gambar seri sebagai alat bantu untuk menuliskan kembali ceritafiksi sesuai dengan susunan katanya sendiri. Hasil dari penelitian menunjukkan ada peningkatanketuntasan belajar klasikal dalam menuliskan kembali cerita fiksi pada siklus 1 yaitu sebesar 78,26%meningkat menjadi 86,96% pada siklus 2.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023