Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan media pembelajaran berbasis Canva pada peserta didik kelas V SDN Balasklumprik I/434 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas V SDN Balasklumprik I/434 dengan jumlah peserta didik sebanyak 33. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan deskripstif dengan rata-rata dan persentase ketuntasan keseluruhan peserta didik. Hasil penelitian dari penerapan media pembelajaran berbasis Canva pada peserta didik kelas V SDN Balasklumprik I/434 dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, dapat dilihat dari persentase ketuntasan keseluruhan peserta didik pra siklus sebesar 42,42% dari 33 peserta didik. Pada siklus I presentase ketuntasan keseluruhan peserta didik meningkat sebesar 60,60% dari 33 peserta didik, kemudian pada siklus II meningkat Kembali menjadi 87,8% dari 33 peserta didik dengan nilai rata-rata 87,87. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPS mulai tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran berbasis Canva dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN Balasklumprik I/434 Surabaya.
Copyrights © 2023