PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Vol 7, No 2 (2023): Volume 7 Nomor 2 Oktober 2023

Hubungan Occupational Skill dan Technological Skill Terhadap Kesiapan sebagai Guru Milenial

Khamdan, Candra Wahyu Nur (Unknown)
Putro, Setiadi Cahyono (Unknown)
Gunawan Irianto, Wahyu Sakti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Perkembangan teknologi ssaat ini mempengaruhi berbagai hal terutama di bidang pendidikan. Sehingga menuntut calon guru yang mampu mempersiapkan berbagai hal untuk menjadi guru milenial (Y). Oleh sebab itu Mahasiswa sebagai calon guru milenial harus mempersiapkan Occupational Skill (X1) dan  Technological Skill  (X2). Tujuan dari penelitian untuk mengetahui : (1) Deskripsi X1, X2, Y, (2) Hubungan X1 dengan Y , (3) Hubungan X2 dengan Y, (4) Hubungan X1 dan X2 dengan Y. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel yang diteliti berjumlah 84 mahasiswa dengan berpedoman teknik sampel jenuh. Variabel X1, X2 dan Y memiliki tingkat reliabilitas secara berurutan adalah 0.921, 0.906,dan 0.938. Nilai Sumbangan Efektif secara berurutan pada X1 dan X2 adalah 15.27% dan 16.25%. Nilai Sumbangan Relatif secara berurutan pada X1 dan X2 adalah 48.40% dan 51.60%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) X1,X2, dan Y dalam kategori sedang; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan Y, X2 dan Y, dan X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...